Skip to main content

5 Orang Terdekat Anda adalah Cerminan Diri Anda




Pernah kita mendengar nasehat orang tua "Nak, kalo berteman itu milih-milih, jangan asal !". Sebagian dari kita mungkin tidak setuju dengan nasehat ini, kenapa berteman harus milih ?. 

Menurut pepatah, jika kita berteman dengan tukang ikan walaupun kita tidak ikut memegang ikan, saat keluar dari tokonya orang akan merasakan bau amis ikan ditubuh kita. Jika kita berteman dengan tukang parfum, walaupun kita tidak momeleskan parfumnya ditubuh kita, saat keluar dari tokonya maka orang mencium bau parfum menempel ditubuh kita. Filosofi inilah yang bisa kita jadikan pelajaran kenapa harus memilih teman. Seandainya kita berteman dengan seorang penjahat walaupun kita tidak melakukan kejahatan, maka orang melihat kita seakan-akan kita ini penjahat. Sebaliknya jika kita berteman dengan orang sukses, orang akan melihat kita seakan-akan kita adalah bagian dari sebuah kesuksesan suatu saat nanti. 

5 teman terdekat kita adalah cerminan diri kita, kenapa? Karena kedekatan tersebut tanpa disadari ada kecocokan antara diri kita dan teman itu. Dari sinilah kita belajar membentuk karakter kita. Ketika 5 teman terdekat kita adalah tukang ojek, secara tidak langsung mindset kita akan membuat perntanyaan "apa gue enaknya ngojek juga ya?". Jikalau kita berteman dengan 5 orang yang berpikiran maju, maka kita akan ikut-ikutan berpikir maju seperti teman kita itu. Manusia adalah mahluk yang paling mudah terkena dampak psikologis lingkungan, setiap lingkungan akan membangun dan membentuk karakter dari manusia itu sendiri. Lingkungan yang paling banyak pengaruhnya adalah 5 orang teman terdekat kita, secara tidak langsung kita akan terbawa arus apa yang biasanya dilakukan oleh 5 orang terdekat kita itu. 



Memilih teman dalam konteks yang bisa membuat kepribadian kita lebih baik, bukan diharuskan memilih teman yang kaya, modis, atau gaul. Kita harus melihat dari sudut pandang berbeda dengan lingkungan teman yang bisa membuat karakter dan kepribadian kita menjadi lebih baik dan menjadi lebih sukses !. 

Wawasan yang terbuka lebar adalah salah satu kunci kesuksesan. Banyak membaca adalah kunci membuka wawasan. Ketika kita dihadapkan dalam sebuah kondisi obrolan bersama seorang teman yang sukses, dengan banyaknya wawasan kita, kita akan mudah mencerna apa point dalam obrolan tersebut hingga bisa memberikan semangat yang positif kepada kita.

Bayangkan jika kita memiliki 5 teman dekat yang sukses, walaupun kita belum sukses, banyak pengalaman, tata cara, yang bisa kita ambil dan pelajari dari kesuskesan teman kita tersebut serta bisa dijadikan alat kesuskesan kita saat kita banyak belajar dari mereka. 

Sukses adalah idaman setiap orang. Memilih teman terdekat adalah salah satu kuncinya. Bukan berarti kita harus mencari teman yang kaya, modis, dll. Porsi kesuksesan berbeda-beda tergantung sudut pandang dari orang yang melihat. Banyak yang sukses dalam karir tapi kurang sukses dengan hubungan rumah tangga, dan sebaliknya. Pelajari dari orang terdekat kita dan kita ambil positifnya saja, karena manusia tidak ada yang sempurna, semuanya ada sisi negatif dan positif. Semangatlah dalam mengejar ke suksesan, sukses adalah pilihan. Pilihan kita tersebutlah yang akan mengantarkan kita untuk mengerti arti kata sukes. Kita harus menciptakan kesuksesan dan pantang menyerah. Saat memulai usaha atau suatu pekerjaan, jika ada kerikil yang menusuk, singkirkan!. Jika ada lautan didepan, berenang dan sebrangi!. Segala sesuatu tuhan menentukan, kita tidak akan pernah tau apa yang terjadi kalau kita tidak pernah mencoba, dan ingatlah bahwa pengalaman adalah guru terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Anak Bangsa : Chairul Tanjung 'Si Anak Singkong'

Chairul Tanjung " Si Anak Singkong" CT Crop atau Chairul Tanjung Corpora yang sebelumnya bernama Para Group. Sebagian orang di Indonesia pasti sudah kenal dengan sosok beliau ini. Pada tahun 2012 CT menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Chairul Tanjung Si Anak Singkong ", sebuah buku yang benar-benar memberi inspirasi kepada semua kalangan di Indonesia. Kisah perjalanan Chairul Tanjung atau yang akrab di panggil CT ini sungguh benar-benar dari NOL, dari keluarga miskin yang kekurangan sehingga menjadi Miliarder dari jajaran orang terkaya di Indonesia saat ini dan diantara orang-orang terkaya tersebut, CT adalah satu-satunnya Pribumi Indonesia Asli. Betapa bangganya kita dengan sosok CT yang berasal dari 'Produk dalam Negeri', bukan keturunan dari  bangsa sebelah yang mana rata-rata menaungi jajaran orang terkaya di indonesia. CT adalah asli anak negeri kita Indonesia. Berasal dari keturunan ayahnya suku Batak dan Ibunya suku Sunda. Sudah te

Jangan Percaya Bank !

Tulisan ini akan membantu anda mengerti apa itu sebenarnya perbankan serta kenapa Bank adalah musuh besar bagi masyrakat karena mempermaikan Psikologi manusia dan menjerumuskan manusia. Manusia (dalam hal ini sebagai debitur, debitur: orang yang dipinjamkan uang oleh Bank), manusia adalah aset sebuah Bank! anda tau mekanisme Bank mendapatkan keuntungan bukan? Bank tidak mendapatkan keuntungan karena kita menabung, melainkan karena mereka memberikan pinjaman. Tabungan kita adalah salah satu bentuk modal bank memberikan pinjaman kepada debitunya dengan suku bunga tertentu. Bank merupakan suatu kejahatan ekonomi. Looh kenapa bisa dikatakan begitu? karena bank mempermaikan psikologis manusia dan menjerumuskan mereka. Bank mengerti Psikologis manusia dalam rasa ingin memiliki, ingin lebih, ingin mendapatkan modal. Inilah permainan mereka "The Game of Money" . Mereka meminjamkan uang jangka panjang dengan pola tertentu sehingga membuat pinjaman debitur yang hampir tidak mu